Gubernur Ikuti Upacara HUT Bhayangkara Secara Virtual di Mapolda Jatim

Surabaya, Askompsi – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran dan jajaran Forkopimda Jatim mengikuti upacara memeringati HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolda Jatim. Upacara yang digelar secara virtual itu dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (1/7/2020).

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa pesan bagi Polri. Ia kembali mengingatkan bahwa bangsa ini merupakan bangsa para pejuang, termasuk para anggota polisi di Indonesia. Karena itu, Jokowi meminta semuanya untuk tidak menyerah menangani persoalan yang tengah dihadapi bangsa, seperti pandemi Covid-19.

“Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi,” jelasnya.

Presiden menegaskan bahwa sinergitas dari tingkat tertinggi hingga terbawah sangat diperlukan. Di kalangan kepolisian misalnya mulai dari Mabes Polri dan bahkan hingga polsek agar bisa bekerja sama mengatasi persoalan ini.

“Dalam situasi yang sulit ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan mulai dari jajaran Mabes Polda, Polres dan Polsek, Bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Jokowi juga meminta Polri agar aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Tentunya, kata dia, dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap aman kondusif dan damai.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan kepada para anggota Polri agar dalam menjalankan tugasnya harus lebih mengayomi dan mengedepankan aspek-aspek humanis hingga bersikap profesional di bidangnya. “Keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis. Namun harus tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” tandasnya. (Diskominfo Prov Jatim/non-afr)

By |2020-07-01T07:34:26+00:00July 1st, 2020|Berita|