Website Resmi Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia

Diskominfo Sumbar dan UI Fasilitasi Pengembangan Public Speaking Bagi ASN

Diskominfo Sumbar dan UI Fasilitasi Pengembangan Public Speaking Bagi ASN

Bukittinggi –¬†Sebagai pelayan masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu menyampaikan informasi yang benar ke publik. Informasi tersebut berupa program kerja, capaian, inovasi dan hal lainnya yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

Penyampaian informasi yang baik dan benar mesti dibarengi teknik atau cara yang gampang dimengerti dan menarik bagi pendengar.

“Untuk itu, Diskominfo Sumatra Barat (Sumbar) bersama Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), memfasilitasi pengembangan kemampuan public speaking pejabat administrator (sekretaris dinas) OPD lingkup Pemprov Sumbar,” kata Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri di hadapan peserta Bimtek Public Speaking yang diselenggarakan di Hotel Grand Bunda Bukittinggi, Selasa (26/11/2019).

Menurut dia, Bimtek Public Speaking kali ini spesial. Evaluasi dari angkatan pertama, dimana materi mengenai cara komunikasi belum maksimal. “Karenanya, kita langsung koordinasi dengan tim Psikologi UI untuk penyempurnaan Bimtek angkatan berikutnya,” ujarnya.

Disampaikan bahwa, hasil bimtek pertama sudah kelihatan manfaatnya. Terbukti, daftar informasi publik meningkat tajam, indeks keterbukaan informasi naik drastis. Tak heran, Sumbar diganjar penghargaan provinsi informatif 2019 oleh Komisi Informasi Pusat.

“Berangkat dari hasil tersebut, kita ingin hasil (outcome) bimtek kedua ini lebih maksimal. Diharapkan, sekretaris dinas sebagai orang kedua cakap dalam berbicara di depan publik,” tambah dia.

Materi pelatihan diisi dengan praktik langsung berbicara di depan umum. Panitia merekam cara peserta menyampaikan informasi di awal dan akhir materi. Nantinya tim Psikologi UI akan mempelajari hasil tersebut dan menilai kemampuan peserta dari sudut mimik, penampilan dan sikap (attitude).

Leave A Comment