RSBN Malang Mewisuda Pemerlu Pelayanan Disabilitas Netra

Surabaya, Askompsi – Hari Kamis 19 Nopember 2020 (sore) UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang, dengan bangga melepas sebanyak 20 Orang Wisudawan/Wisudawati Pemerlu Pelayanan Disabilitas Netra dari 15 Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

Kepala Dinas Sosial Jatim, Dr Alwi M Hum, mengatakan sebuah kehormatan baginya bisa berdiri bersilaturrahmi dengan para wisudawan dan wisudati penerima manfaat RSBN.

“Di tengah pandemi seperti ini putra putri bapak ibu sekalian masih terus berjuang dan belajar tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk upaya Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui UPT RSBN Malang tetap menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh melalui daring dengan penerima manfaat,” ujar Alwi.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui UPT RSBN Malang merupakan salah satu unit penyelenggara Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial bagi disabilitas netra/distra baik di dalam panti maupun Rehabilitasi Berbasis masyarakat. Kegiatan peningkatan kemampuan dasar melalui Activity Daily Living (ADL), Baca Tulis Braille (BTB) dan Orientasi Mobilitas (OM) dan pelatihan keterampilan senantiasa RSBN kembangkan.

Pada angkatan ini wisudawan netra tidak saja diberikan ketrampilan massage namun juga dibekali dengan ketrampilan penunjang lainnya seperti pembuatan keset, pembuatan telor asin, ketrampilan handicraft, ketrampilan laundry sepatu serta yang terakhir kami latih untuk mampu membuat batik berciri khas disabilitas netra.

Pada kesempatan ini, UPT RSBN Malang meluluskan Penerima manfaat sebanyak 20 orang dari 15 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur dari keseluruhan siswa saat ini yaitu 105 penerima manfaat. Mereka telah mengikuti kegiatan pelatihan ketrampilan dan peningkatan kemampuan dasar seperti yang saya sebutkan diatas agar dalam kehidupannya mampu mandiri.(Diskominfo Prov Jatim/non-her)

By |2020-11-19T23:14:32+00:00November 19th, 2020|Berita|